You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Bumiwangi
Desa Bumiwangi

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

POLTEKESOS BANDUNG DAN TANOTO FOUNDATION GELAR PENCEGAHAN STUNTING BERSAMA PEMDES BUMIWANGI

Admin Desa 28 Agustus 2021 Dibaca 783 Kali
 POLTEKESOS BANDUNG DAN TANOTO FOUNDATION GELAR PENCEGAHAN STUNTING  BERSAMA PEMDES BUMIWANGI

bumiwangi.desa.id.- Sebagai komitmen dalam upaya percepatan penurunan stunting (anak kerdil), Pemerintah Desa Bumiwangi memfasilitasi aksi konvergensi penurunan stunting di tingkat desa, Sabtu (27/08/2021).

Jumat 27 Agustus 2021 hingga Sabtu 28 Agustus 2021 mulai pukul 09.00 hingga 14,00 bertempat di Sekretariat Puskesos Bumi Harmoni Desa Bumiwangi Politeknik Kesejahteraan Sosial (poltekesos) Bandung dengan dukungan Tanoto Foundation menyelenggarakan Aksi Perubahan Perilaku Pencegahan Stunting melalui kegiatan pelatihan yang diberikan kepada 8 (delapan) orang ditambah dengan pendamping Desa yang aktif terlibat dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting di Desa Bumiwangi .

Para peserta yang  yang terdiri dari 4 (empat) orang kader pembangunan manusia (KPM) Rumah Desa Sehat (4) orang Kader Posyadu dan 1 (satu) orang pendamping desa sangat antusias mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh para dosen Poltekes Bandung karena metode pembelajaran orang dewasa yang diselingi beragam permainan mampu menciptakan dinamika yang sangat baik.

Menurut Ny. Nurrani Oktaviani  Ketua TP-PKK Desa Bumiwangi , kegiatan ini akan sangat bermanfaat karena kami dikenalkan sebuah metode pembelajaran yang menarik dan tambahan pengetahuan yang sangat bermanfaat sebagai bekal bagi kader dalam melakukan edukasi perubahan prilaku masyarakat dalam pencegahan stunting nantinya.

Dalam kesempatan yang sama Dra Teta Riasih M.P yang bertindak selaku koordinator pada kegiatan ini menyatakan bahwa pelatihan ini dititikberatkan  pada menambah pengetahuan yang sudah dimiliki oleh para kader  dengan  teknik fasilitasi agar nantinya edukasi yang dilakukan kader lebih dipahami dan lebih menarik.  Menurut Teta  bahwa kegiatan ini berfokus pada edukasi perubahan perilaku komunitas dan  selanjutnya akan dilakukan pelatihan dan melakukan praktikkampanye pencegahan stunting  pada beberapa kelompok  yakni ibu hami, ibu menyesui, ibu pengasuh anak umur 0-6 tahun  dan remaja putri  Pelibatan remaja menjadi sangat penting agar mampu merencanakan pernikahan secara baik dan menghasilkan keluarga yang sehat dan sejahtera serta terbebas dari stunting. Dijelaskan pula olehnya bahwa kehadiran beliau didampingi oleh Rosilawati MPSSp , Fachry Arsyad  M. Kesos dan Mira Azzasyofia M.Kesos serta dua orang  mahasiswa Rayhan Firdaus dan  Detanty Febrianty dan Tubagus Muhamad Berlian  selaku tim media.

Kepala Desa Bumiwangi Drs. Rudiya Trisanjaya yang turut hadir pada pembukaan acara dalam sambutannya meyambut gembira kerjasama ini dan berharap ada program lain yang bisa dikolaborasikan dengan desa khususnya berkaitan dengan program penanggulangan masalah sosial. Rudi juga mengucapkan terimakasih karena Poltekesos Bandung telah menjadikan Desa Bumiwangi sebagai wilayah binaan Poltekesos Bandung.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image